Proses Hidrothermal yang Membawa Logam Baru ke Permukaan Tanah

Proses Hidrothermal yang Membawa Logam Baru ke Permukaan Tanah

Sobat petualangan emas, hasil akhir dari proses pembekuan magma yang telah mengalami intrusi menghasilkan cairan sisa magma.

Hidrothermal Membawa Logam Baru

Cairan sisa ini mengandung konsentrasi - konsentrasi logam - logam yang terdapat di dalam magma dan tidak ikut dalam proses pengkristalan sebelumnya.

Cairan Hidrothermal adalah cairan yang membawa logam - logam ke tempat yang baru dan dianggap sebagai asal dari endapan - endapan epigentik.

Ahli hidrothermal Park dan Diarmid pada tahun 1964 melakukan riset untuk proses hidrothermal, mereka berasumsi bahwa tidak semua cairan hidrothermal berasal dari lautan magma, sehingga istilah hidrothermal bukan berarti genetik.

Dengan demikian semua cairan dalam air panas yang terbentuk oleh alam dimasukkan kedalam cairan hidrothermal, dengan klasifikasi sebagai berikut:

  1. Hipothermal adalah cairan yang berada di tempat yang dalam dengan suhu berkisar antara 300 derajat celcius hingga 500 derajat celcius.
  2. Mesothermal adalah cairan yang berada di tempat yang tidak begitu dalam dengan suhu berkisar 150 derajat sampai 300 derajat celcius.
  3. Epithermal adalah cairan yang berada di tempat yang dangkal dengan suhu berkisar 50 derajat celcius sampai 150 derajat celcius.


Tapi jika cairan berubah menjadi gas termasuk kedalam proses pneumatolitik.

Pada larutan hidrothermal menghasilkan cairan mineral logam berharga dengan nilai jual yang sangat tinggi seperti logam:
  • Emas
  • Perak
  • Tembaga
  • Timbal
  • Seng
  • Air raksa
  • Antimon
  • Molibden
  • dan logam lainnya


Penambang emas skala besar sepertiTembagapura daerah penghasil emas di Papua dilakukan oleh perusahaan besar terkemuka dunia, menambang hasil larutan hidrothermal lebih banyak daripada endapan yang berasal dari proses lain.

Mineral logam mulia bernilai ekonomis seperti emas, perak, tembaga, dll mempunyai nilai ekonomi yang berharga sehingga banyak dicari oleh petualangan emas dan perusahaan besar pertambangan logam mulia dimana harga jual mineral logam mulia itu sebanding dengan usaha dan kerja keras.

Syarat Hidrothermal


Beberapa syarat utama yang harus dipenuhi agar terbentuk mineral yang berasal dari proses hidrothermal dan layak diusahakan antara lain:
  1. Terdapat celah - celah di dalam batuan yang dapat dilalui cairan tersebut
  2. Terdapat cairan mineral yang mampu melarutkan dan mengangkut hasil larutan mineral.
  3. Terjadi reaksi kimia yang mampu mengendapkan mineral
  4. Ada tempat - tempat yang menguntungkan bagi terjadinya pengendapan mineral
  5. Cukup terkumpul endapan mineral hingga memungkinkan dilakukan kegiatan penambangan.


Baca juga:Daftar Bahan Galian Logam Dan Non Logam Dalam Zona Oksidasi


Khusus mengenai reaksi kimia, syarat yang diperlukan antara lain PH cairan, mudah tidaknya bereaksi dengan celah - celah (wall rock) yang dilalui oleh cairan serta macam unsur yang berlarut di dalamnya.
Pada umumnya dinding yang mudah bereaksi adalah batuan gamping atau disebut batuan karbonat. Kemudian faktor suhu dan tekanan juga akan berpengaruh besar terhadap jenis pengendapan yang akan terjadi.
Perlu diingat endapan hidrothermal pada umumnya berkaitan dengan alterasi dinding celah - celah. Alterasi ini dikenal dengan alterasi dinding batuan (wall rocks alteration).
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel