Pembentukan Mineral Kristalisasi Magma

Pembentukan Mineral Kristalisasi Magma dalam pembentukan mineral tahap 1

Sobat petualangan emas, dalam proses pembentukan mineral pada awalnya adalah bersumber pada magma cair dimana awal dari pembentukan mineral bahan galian logam.

Proses - proses pembentukan bahan galian logam seperti berikut:

  1. Kristalisasi Magma
  2. Sublimasi
  3. Metasomatisme Kontak
  4. Hidrothermal


Kristalisasi Magma


Proses pembentukan magma merupakan larutan silikat yang berasal dari dalam perut bumi, dimana mengandung berbagai unsur kimia, baik berbentuk logam, semi logam dan bukan logam atau unsur - uinsur volatil (pembentukan gas).

Magma terdapat di dalam perut bumi paling tidak di dalam kedalamman 40 kn, dalam suasana tekanan dan temperatur tinggi. Magma bersifat mobile dan dapat bergerak kemana - mana, apabila ada kesempatan, melalui celah- celah yang ada pada kulit bumi membentuk suatu intrusi.

Dalam perjalanannya magma ini akan mengalani penurunan tekanan dan temperatur, yang mengakibatkan terjadinya kristalisasi mineral - mineral silikat sesuai dengan urutan deret brown (bowen reaction series), Akhir dari proses tersebut terbentuk mineral silikat dari magma.


Pada umumnya magma dianggap merupakan sumber utama pembentukan mineral hipogene. Berawal dari tahap kristalisasi dan diferensiasi sebelum mencapai akhir pembekuan, unsur - unsur yang masih ketinggalan dalam cairan sisa magma, kemudian akan membentuk oksida - oksida magmatik dan endapan - endapan sulfida.

Sebelum akhir pembekuan cairan tersebut dapat berkumpul pada suattu tempat baik dalam celah - celah ataupun rekahan - rekahan, yang kemudian akan membentuk pegmatit.

Baca juga:Proses Terbentuknya Emas Di Bumi Dan Lokasi Emas Untuk Di Tambang

Mendekati akhir dari suatu proses pembekuan, sisa cairan yang sudah tidak kental lagi mengandung air dan gas - gas serta logam yang terlarut di dalamnya, diebut juga larutan hidrothermal, yang kemudian akan mengendapkan mineral - mineral hidrothermal.

Endapan bahan galian yang terbentuk bersama - sama dengan batuan sekeliling (wall rock) disebut sebagai bahan galian singenetik, sedangkan bahan galian logam yang terbentuk sesudah terjadinya endapan disebut bahan galian epigenetik.

Baca Juga:Bentuk Boxwork dan Warna Mineral Serta Pengaruh Proses Oksidasi


Perjalanan Magma Dalam Pembentukan Mineral Kristalisasi Magma



Dalam perjalanan magma melalui rekahan ataupun celah - celah sepanjang kulit bumi akan terjadi proses secara bertahap dan berurutan, yaitu

1. Magmatik awal


Tahap permulaan kristalisasi magma, dimana menghasilkan endapan bahan galian dalam tiga tipe, yaitu diseminasi, pemisahan (segresi) dan injeksi.

2. Magmatik akhirTahap


Selanjutnya sesudah selesai proses magmatik awal, pada tahap ini magma yang tertinggal, merupakan cairan magma sisa.

Proses berikutnya yang terjadi bersamaan dengan proses pemisahan 2 cairan atau lebih sisa magma yang tidak dapat menyatu sebagai akibat imisibilitas cairan.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel