Cara Membedakan Logam Mulia Emas yang Asli dan Palsu

cara membedakan emas asli dan palsu

Sobat petualangan emas, perusahaan besar pengolahan dan percetakan emas yang valid akan memberikan bungkusan kemasan logam mulia, dimana terdapat ciri khas logam mulia yang menunjukkan keaslian produk dan bersertifikat.

Salah satunya logam mulia Antam, kini dalam cetakan 100 gram logam mulia tersebut mempunyai tingkat sekuritas yang tinggi akan keaslian emas, sehingga pembeli tidak merasa dirugikan dengan desain baru kemasan logam emas 50 gram dan 100 gram.

Membedakan Emas Asli dan Palsu

Jika sobat petualangan emas, mengerti tentang kemasan emas yang diselipkan beberapa tanda tersebut, maka sobat akan mengetahui tentang riwayat pembuatan emas tersebut, jenis dan berat dari benda logam mulia itu.

Nah, di kesempatan ini saya mau berbagi informasi kepada pembaca petualangan emas, tentang cara membedakan ciri emas asli dan palsu.

Apa ada emas palsu di pasaran?

Jawabannya ada, sekarang dengan keberadaan emas palsu yang beredar ditengah masyarakat, maka pembeli yang akan di rugikan mengingat emas murni dengan nilai 50 - 100 gram telah banyak yang dicampur bahan logam lainnya, sehingga harus ada lembaga yang menjaga tingkat sekuritas emas tersebut.

Dalam beberapa kasus emas palsu yang beredar di masyarakat, emas palsu hanyalah emas yang ditambahi logam tungsten yang kemiripannya seperti emas, dengan menambahkan beberapa gram logam tungsten, maka emas yang kadarnya 99,99 % emas murni akan mengalami penurunan kadar hingga 70%, sedangkan 25% lainnya ditambah logam tungsten dan logam penguat emas.

Baca Juga: Penyelidikan Emas Dalam Suatu Wilayah


Logam tungsten banyak digunakan dalam industri pembuatan lampu bohlam dan harganya jauh lebih murah di pasaran, ketika para penjual logam mulia emas bermain nakal dengan mengurangi timbangan akan kadar emas, maka disitu letak emas palsu beredar.


Biasanya Logam Mulia Bernilai Ekonomis yang sering dipalsukan adalah kepingan logam emas yang nilainya diatas 100 gram, sehingga pembeli banyak yang dirugikan, mengatasi hal tersebut pihak Antam memberlakukan kemasan baru logam mulia dengan menambahkan tanda pengaman untuk menunjang keaslian logam mulia yang akan Anda beli.

Cara Membaca Kode Pengaman Logam Mulia Emas


Kode emas asli disertai dengan kode unik dan berhologram

Kode Atribut Kemasan Depan Logam Mulia Emas 50 gram


  • 1. Logo Logam Mulia
  • A. Logo Logam mulia dicetak dengan tinta khusus yang dapat dilihat dibawah sinar UV (sinar matahari).
  • B. Kode Produksi, bisa dilihat dengan kaca pembesar
  • C. Sticker Hologram asli Antam pada sisi kanan dan kiri kemasan.


Penambahan atribut kode di kemasan logam emas tersebut, mempunyai nilai sekuritas yang tinggi untuk menjaga produk perusahaan Antam ditiru dan di palsukan.

Pengaman emas asli itu bisa juga dari kode atribut, sertifikat KAN, tanda LBMA


Calon pembeli juga tidak merasa kuatir dengan emas yang dia beli, sehingga kemudahan dalam berinvestasi emas tetap tinggi jika Anda bisa membedakan dan mengetahui emas palsu dan emas asli.

Untuk kemasan 100 gram tidak jauh beda dengan kemasan logam mulia yang 50 gram, dimana ada penambahan kode pengaman, sehingga pembeli akan diuntungkan dengan keberadaan emas Anda.

Kode pengaman emas antam dan tersertifikasi LBMA


Kode pengaman Emas

1. Logo logam mulia (LM)
2. Akreditasi
3. Website perusahaan
4. Info garansi
5. Spesifikasi produk

  • Serial number
  • Fineness
  • Weight
  • Certified assayer
  • Dilengkapi dengan tanda tangan


Baca juga: Indonesia Penghasil Emas Terbesar Dunia


Kode Keamanan Khusus


  • A. Logo LM dicetak dengan tinta khusus dimana hanya dapat dilihat dibawah sinar UV atau sinar matahari.
  • B. Kode produksi kepingan logam mulia tersebut tertera kombinasi angka dan huruf yang saling menguatkan, berukuran sangat kecil dan hanya dapat dibaca dengan bantuan kaca pembesar.
  • C. Stiker hologram Antam, di tempatkan di sisi kanan dan kiri kemasan tersebut.
  • D. Kode Produksi kemasan tambahan dengan kombinasi angka dan huruf yang hanya bisa dilihat dibawah sinar UV atau sinar matahari.
  • E. Lapisan tinta khusus yang bisa dilihat di bawah sinar ultraviolet.
  • F. Barcode untuk keaslian emas
  • G. Huruf L pada produk kemasan emas tersebut akan berubah menjadi huruf M jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
  • H. Plastik khusus tembus pandang, dimana pada bagian belakang terdapat hologram logo LM.


Adanya kode pengaman emas diatas, maka sobat petualangan emas tidak kuatir dan resah akan keaslian produk, dimana pengamanan tersebut sebagai bekal keamanan nilai logam mulia Anda asli dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.


Keuntungan emas asli juga meningkatkan nilai jual di tengah masyarakat dengan tingkat kepercayaan dan sekuritas pengamanan yang tinggi, maka emas Anda patut dijadikan investasi berharga.

Sekian terimakasih.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel