Sarang Rayap Pendeteksi Lokasi Emas

Rayap pendeteksi keberadaan dan lokasi emas


Para petualangan emas terkadang harus mencari lokasi emas dengan berbagai macam teknik dan menentukan titik spot emas pada suatu wilayah.

Ada beberapa teknik mencari emas dengan memanfaatkan keberadaan rayap pencari emas dimana selain hemat ongkos biaya dalam memetakan daerah yang mengandung emas juga mudah dan murah untuk mengetahui emas itu berada.

Peneliti ilmuwan asal Australia, Aaron Steward yang bekerja pada CSIRO (Commonwealth Scientific And Industrial Research Organization) di Australia mengungkapkan bahwa komposisi material bahan galian yang menutupi lapisan emas harus dikikis terlebih dahulu supaya pencarian emas itu mudah dilakukan.

Masalahnya adalah eksplorasi tambang emas itu memerlukan biaya besar dan tenaga ekstra agar emas itu mudah ditambang.

Oleh sebab itu tim CSIRO melakukan kajian terhadap sarang rayap dan menemukan logam emas pada rayap itu.

Ciri-ciri Sarang Rayap Mengandung Emas

Steward melakukan pengujian terhadap rayap dan melakukan identifikasi 222 sarang rayap dan hasilnya menemukan rayap tertentu yang menghasilkan emas.

Gundukan sarang rayap penghasil emas


Pada umumnya rayap melakukan penggalian sampai kedalaman tiga sampai tiga belas kaki kedalam tanah untuk mencari makanan dan membuat koloni.

Ternyata hasilnya rayap Tumulitermes Tumuli adalah jenis rayap yang membawa material bahan tambang dan mengangkut emas itu ke koloni mereka. Ditemukan juga pasir emas yang menempel pada tubuh rayap itu.

Identifikasi tubuh rayap bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui apakah di sekitar sarang rayap juga mengandung deposit emas.

Salah satu cara adalah mengetahui ciri-ciri rayap yang membawa emas.

Tubuh Rayap Mengandung Logam emas


Pada organ tubuh rayap seperti ginjal pada manusia yaitu organ malpighian pada rayap mengandung serpihan pasir emas murni yang terbentuk lewat proses pengerasan pada ginjal rayap.

Organ ginjal rayap penghasil emas

Tentu uji laboratorium harus dilakukan unsur logam apa yang terkandung pada organ Malphigian Rayap.

Penelitian dari research gate menemukan bahwa beberapa rayap pekerja pada organ Malphigian ada yang mengandung logam tembaga, seng, besi, mangan.

Hal itu merupakan identifikasi yang mengarah kepada lapisan material bahan galian yang dibawa oleh rayap.

Uji laboratorium untuk mengetahui emas pada rayap adalah pilihan terbaik.

Untuk pengujian rayap harus dilakukan pengumpulan beberapa sampel rayap untuk menyimpulkan apakah kandungan emas itu dibawa juga oleh rayap pekerja yang lain.

Gigi Rayap Mengandung Emas

Ahli paleontologi juga menemukan bahwa gigi rayap terkandung emas dimana saat proses penggalian sarang dan koloni memindahkan bahan galian tambang keluar ke permukaan tanah.

Gigi rayap pembawa emas


Sehingga pada gigi rayap bisa dijadikan referensi dalam petualangan emas bahwa emas itu juga ikut menempel pada giginya.

Rayap Pekerja Pembawa Emas

Rayap mempunyai sistem struktur organisasi bertingkat dalam koloni mereka.

Organisasi tertinggi rayap adalah sebagai berikut:

  • Ratu Rayap adalah rayap betina
  • Raja Rayap adalah rayap jantan
  • Rayap Bersayap adalah rayap reproduksi (khusus melahirkan)
  • Rayap Ksatria adalah rayap petarung
  • Rayap Pekerja adalah rayap pembawa makanan dan menggali terowongan koloni mereka di tanah dan membawa bahan material keluar ke permukaan tanah


Rayap pekerja pembawa emas


Rayap pekerja yang bertanggung jawab dalam menggali dan membawa beberapa logam ke luar koloni mereka sehingga uji laboratorium pada rayap pekerja adalah pilihan yang tepat, logam apa saja yang mereka bawa

Kondisi sarang rayap yang ada emas

Kondisi sarang rayap menurut Steward adalah jika ditemukan konsentrasi emas pada sarang rayap pada level 5 sampai level 6 maka pada kedalaman 16 kaki ditemukan deposit emas yang melimpah untuk dilakukan eksplorasi.

Sarang rayap pembawa emas


Kondisi ini memungkinkan eksplorasi emas itu sudah ditemukan tanpa mengikis lapisan material bahan galian yang harus dilakukan dengan biaya yang mahal karena pada kedalaman 16 kaki batuan Ampar pasti emas itu ditemukan.

Letak sarang rayap yang menjulang tinggi diatas permukaan tanah itu memang lokasi emas itu berada.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel