Konsentrasi Mekanik dan Residual

proses mekanik dan residual memerlukan proses kimia dan Mekanik residual logam

Endapan bahan galian yang terbentuk dengan cara mekanik dan residual terutama dikarenakan pengaruh pelapukan.

Di daerah beriklim kering proses disintegrasi terutama penghancuran lebih dominan, sebaliknya di daerah tropik proses dekomposisi akan lebih dominan.

Proses Singkat Konsentrasi Mekanik dan Residual

Terjadinya konsentrasi mekanik dan residual pasti mengalami proses yang dinamakan pelapukan dimana dalam proses itu melibatkan udara, angin, air, tekanan, suhu.

Pelapukan merupakan suatu proses yang berkesinambungan dimana melibatkan pelapukan fisik yang dikenal dengan desintegrasi dan pelapukan kimia serta biologi yang dikenal dengan dekomposisi.


Dalam proses pelapukan kimia ini melibatkan biokimia yang terdapat proses biokimia yang akan menonjol di daerah dimana banyak terdapat kehidupan

Bahan galian atau mineral yang tidak tahan dengan lingkungan pelapukan akan mengalami dekomposisi, sedang bagian yang tidak terlarut akan tertinggal dan bagian yang larut terbawa hanyut bersama dengan air.


Larutan akan mengalami pengendapan di tempat lain dengan air dimana larutan tersebut akan mengalami pengendapan di tempat lain selama lingkungan sudah mengijinkan.

Nah, pendendapan ini akan terkonsentrasi dalam beberapa waktu sehingga mengalami proses konsentrasi mekanik dan residual secara bertahap menghasilkan mineral-mineral baru yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Mineral Baru Dari Proses Konsentrasi Mekanik dan Residual

Pembentukan mineral baru dapat bernilai ekonomi dimana secara konsentrasi mekanik dan residual bahan galian mineral-mineral seperti:
  • Emas
  • Perak
  • Tembaga
  • Intan
  • Platina


Bahan diatas akan terpisah dari batu-batuan, kemudian mengalami pengkayaan residual di permukaan tanah atau di dasar perairan dengan melalui proses konsentrasi mekanis menjadi deposit placer.

Pengaruh pelapukan ini dapat menjadi satu meter dan dalam keadaan khusus sehingga mencapai lebih dari puluhan meter, misalnya endapan nikel di Soroko, Sulawesi.


Jenis konsentrasi ini dibedakan menjadi endapan konsentrasi mekanik dan endapan residual.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel