Endapan Konsentrasi Mekanik

proses Konsentrasi mekanik logam dan mineral

Proses endapan konsentrasi mekanik terjadi secara alami yaitu berupa pemisahan gravitasi antara mineral berat dan mineral ringan oleh aliran air dan angin.

Mineral yang mempunyai ukuran yang berat akan terpisah dan diendapkan lebih dahulu, sedang mineral yang mempunyai ukuran ringan akan diangkut pada suatu saat nanti dimana pilihan diendapkan lebih dahulu merupakan suatu prioritas yang tepat.

Sedang mineral ringan diangkut pada suatu saat yang akan datang dengan cara diendapkan apabila energi pengangkutan sudah melemah.

Endapan Konsentrasi Mekanik

Endapan Mekanik merupakan suatu perubahan energi secara struktur melalui perpindahan, pengendapan dan terkumpulnya suatu mineral dalam suatu zona.
Nah, didalam suatu zona itu terkumpul mineral logam yang berharga dan bisa dilakukan penambangan jika memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Syarat Terkumpulnya Mineral Berharga

Agar mineral berharga berkumpul sehingga mempunyai nilai ekonomi beberapa persyaratan harus terpenuhi:
  1. Mempunyai berat jenis
  2. Resisten atau tahan terhadap pelapukan kimia
  3. Keras dan tahan terhadap tumbukan, gesekan, selama pengangkutan


Mineral Placer Berharga Untuk Dilakukan Penambangan

Beberapa mineral placer yang mempunyai sifat-sifat tersebut antara lain:
  • Emas
  • Perak
  • Platina
  • Kasiterit
  • Magnetit
  • Fosfat
  • Korundum


Mekanisme proses konsentrasi tergantung kepada faktor-faktor seperti berat jenis, ukuran dan bentuk fragmen.

Hal tersebut diperhitungkan dalam pengangkutan dan pemindahan secara mekanik endapan yang terdapat dalam placer itu.

Jika placer berisi logam mineral berharga yang jumlahnya relatif banyak dalam hal berat jenis, ukuran, bentuk yang ekonomis (besar) tentu akan dilakukan penambangan.


Apabila placer dalam jumlah relatif kecil dan tidak bernilai ekonomis, seperti ukuran, berat jenis dan bentuk fragmen maka jangan dilakukan penambangan karena akan mengakibatkan kerugian materi.

Contoh:

Placer emas tersebar di daerah sungai dalam jumlah kecil dan setelah dilakukan sampling lokasi, titik di alat paning emas mempunyai ukuran debu atau ukuran pasir dalam jumlah sedikit tentu sangat merugikan untuk dilakukan penambangan, bukan!


Prinsip Melakukan Penambangan Dalam Konsentrasi Mekanik

Untuk itu ada 3 macam prinsip yaitu:

Pertama

Di dalam air dua mineral yang berukuran sama, mineral yang berat jenis lebih tinggi akan mengendap lebih cepat dibandingkan berat jenis yang rendah.

Kedua

Kecepatan pengendapan mineral dipengaruhi oleh permukaan mineral tersebut, dua mineral bentuk dan berat jenis yang sama, tetapi ukuran tidak sama.
Di dalam air mineral yang mempunyai permukaan lebih kecil berarti mempunyai nilai geser terhadap air lebih kecil dan akan mengendap lebih cepat daripada yang berukuran besar.

Ketiga

Bentuk butiran mempengaruhi pengendapan, butiran yang berbentuk bulat, permukaan jenis lebih kecil apabila dibandingkan dengan butiran yang pipih.
Butiran pipih akan mengendap lebih cepat walaupun mempunyai berat yang sama.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel