Endapan Fosfor dan Belerang

Mineral belerang berasal dari luapan air panas di gunung

Sobat petualangan emas, fosofor dan belerang merupakan suatu mineral non logam yang proses pengendapan terjadi karena proses hidrothermal dan proses biokimia di suatu wilayah.

Pada umumnya kedua proses tersebut dipengaruhi oleh keadaan alam, lingkungan fisik, faktor tekanan, temperatur, suhu dimana proses hidrothermal akan terjadi.

Endapan Fosfor

Pengendapan fosfor terjadi dalam lingkungan laut yang menghasilkan mineral fosforit dimana merupakan senyawa hidrat fosfat yang mengandung besi, mangan dan seng.

Menurut Bateman (1960) bahwa terdapat dua hal yang penting dalam proses pengendapan fosfor yaitu :

  1. Keadaan geografi
  2. Faktor lain yang mampu merubah asam fosfat tidak larut.


Salah satu faktor yang cukup mengubah adalah tersedianya unsur fluor, endapan fosfat yang cukup luas ditemukan di Afrika antar lain di Algeria, Tunisia dan Maroko.

Di Indonesia diketahui terdapat di daerah Tasikmalaya, Jawa barat.

Endapan Belerang

Belerang merupakan unsur bukan logam. Keberadaan di alam berkaitan erat dengan kegiatan vulkanisme ataupun sedimentasi. Endapan belerang sedimenter berasal dari senyawa sulfat dan sulfida.

Gas hidrogen berasal dari solfatara atau dari hasil pembusukan dalam lingkungan anaerobik. Belerang diangkut dalam bentuk larutan koloid atau larutan sulfat.

Mikro organisme mempunyai peranan penting di dalam pengendapan belerang. Bakteri yang hidup bersama belerang ini berarti hidup dalam suasana anaerobik atau hidup tanpa oksigen. Mereka sanggup mereduksi sulfat atau sulfida menjadi belerang dalam suasana laut tertutup, laguna atau rawa - rawa berair payau.

Contoh:
Endapan belerang yang terdapat luas di daerah Chekur, Knibyshev dan Sukeivo negara Rusia.

Endapan belerang terdapat pada litologi lempung, gips, dan batuan gamping bituminan yang menunjukkan adanya proses biokimia terdapat di Sicilia, Italia.


Daerah Sicilia merupakan daerah cekungan berukuran 7 km panjang dan 1 km lebar, dengan litologi yang di endapkan belerang yang diendapkan berupa lempung, batuan gamping dan batu pasir.

Endapan Belerang Di Indonesia

Di Indonesia endapan belerang sedimenter belum pernah ditemukan, pada umumnya endapan belerang merupakan endapan solfatara antara lain:

  1. Telaga Bodas - Jawa Barat
  2. Gunung Welirang dan Ijen - Jawa Timur
  3. Kawah Dieng - Jawa Tengah
  4. Pulau Damar - Maluku Tenggara
  5. Gunung Soputan - Sulawesi

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel