Endapan Karbonat dan Lempung

sedimen karbonat dan tanah lempung

Sobat petualangan emas, senyawa karbonat bukan termasuk endapan logam. Karbonat khususnya batu gamping banyak dimanfaatkan dalam ore dressing mineral, sehingga keberadaannya cukup berperan.

Endapan Karbonat

Endapan karbonat yang mempunyai arti penting antara lain adalah karbonat Ca dan Mg dimana kedua unsur tersebut larut dalam air sebagai bikarbonat, kemudian terangkat oleh air masuk kedalam cekungan.

Pada perubahan tekanan dan suhu yang cukup, maka mengubah reaksi bikarbonat menjadi karbonat dan air dimana proses tersebut sebenarnya mencapai reaksi kimia dan bahan tersebut dapat di dapatkan dalam bahan galian batu gamping, dolomit dan magnesit.

Batu gamping dapat diendapkan melalui proses mekanik, dimana proses anorganik atau organik baik dalam lingkungan air tawar atau air laut hal tersebut dapat terjadi. Sebagian besar batu gamping dapat diendapkan dalam kondisi laut yang dangkal.

Chalk

Chalk adalah batu gamping putih, rapuh seperti tanah, diendapkan oleh proses kimia di perairan dangkal seperti tanah, diendapkan oleh proses kimia di perairan dangkal dan mengandung fragmen-fragmen fosil.

Dolomit

Dolomit atau rumus kimia CaCO3MgCO3 adalah batu gamping yang mengandung kurang lebih 45% MgCO3, sebagian besar dolomit, bukan merupakan hasil pengendapan tetapi dari hasil proses penggantian batu gamping secara epigenetik.

Dolomit sedimenter pada umumnya dianggap sebagai proses penggantian lumpur gamping yang berasal dari laut.

Magnesit

Magnesit atau rumus kimia MgCO3 adalah endapan garam yang jenuh di daerah danau yang berasosiasi dengan garam dan gips atau serpih dari batu gamping.

Pada awalnya merupakan proses kimia dan kemudian diikuti oleh dehidrasi dan diduga bahwa unsur magnesium (Mg) larut dalam bentuk sulfat dan terbawa baik oleh air tawar di permukaan tanah atau dibawah permukaan.

Larutan ini bereaksi dengan karbonat natrium untuk kemudian membentuk endapan hidromagnesit.

Lempung

Endapan lempung merupakan hasil dari pelapukan yang diangkut oleh air dalam bentuk koloid kemudian mengendap dalam cekungan sedimentasi.

Pengendapan lempung dapat terjadi dimana saja baik di lingkungan laut, rawa - rawa, estuari, danau bahkan dipinggir pantai atau sungai yang tenang.

Keberadaan lempung dalam minyak bumi mempunyai arti yang penting sebagai cap rocks dan sering terdapat diantara lapisan batu bara.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel