Endapan Danau Yang Mempunyai Tinggi Mineral Logam

jenis-jenis danau


Sobat petualangan emas, endapan danau yang tidak mempunyai saluran pembuangan air pada umumnya merupakan danau garam (salt lake), dengan komposisi air danau sangat tergantung dari kompoisi yang mengalir dan masuk kedalam air danau tersebut.

Kandungan air danau mempunyai beberapa mineral logam yang dibutuhkan oleh manusia dan kandungan air danau lainnya tidak bermanfaat untuk manusia, hal ini disebabkan oleh terkonsentrasinya beberapa mineral logam yang mengendap dalam perairan danau tersebut.

Endapan Danau Garam

Proses evaporasi sama dengan proses penguapan pada air laut, contoh: danau garam yang terkenal adalah great salt lake, pada saat ini mempunyai kadar garam 13-27%.

Kisaran kadar garam tersebut sangat tergantung pada iklim yang terjadi pada waktu itu.

Air danau dapat dipisahkan menjadi:
  1. air danau garam
  2. air danau garam sulfat
  3. air danau natrium karbonat
  4. air danau nitrat
  5. air danau kalium

Pada saat udara lembab kadar garam akan turun, sebaliknya pada saat musim panas kadar garam akan naik.

Danau garam yang mempunyai ukuran raksasa antar lain danau-danau di Timur Tengah di Laut mati di daerah Asia Tengah dan Afrika Utara.

Endapan Danau Pahit dan Danau Alkali

Ciri khas air danau ini adalah pahit dengan kandungan natrium sulfat yang tinggi dimana jenis danau ini banyak dijumpai di daerah kering seperti di Asia dan Amerika.

Danau Altai dan danau Domoshakavo di Rusia termasuk jenis danau pahit dengan kandungan alkali atau disebut juga danau soda dimana kandungan airnya mengandung natrium karbonat dan garam dapur.

Contoh:

Danau yang termasuk dalam kategori ini berada di Mesir (Egypt), danau soda di Nevada, Amerika Serikat, dan danau Goodenough di Kanada.

Evaporasi air danau menghasilkan natrium sulfat, natrium karbonat, natrium bikarbonatdan garam dapur. Garam sulfat sebagai mineral mirabilit (Na2So4).10H2O) disebu juga garam glauber dan thernadit (Na2SO4).

Endapan Danau Kalium

Endapan dalam danau ini tidak banyak dijumpai, salah satunya ada di daerah Searless Lake di California, Amerika Serikat, yang menghasilkan sulfat-sulfat, karbonat, garam-garam rangkap tiga khlorida dan silikat bromium.

Endapan Danau Borat

Jenis endapan danau ini tidak banyak dijumpai, seperti di daerah California, Nevada, Amerika Serikat, Argentina dan Bolivia. 

Air danau mendapatkan borium dari kegiatan vulkanisme dan sumber air pans, mineral-mineral yang dihasilkan banyak ditemukan antara lain borax (Na2B4O7.10H2o), Codemit (Ca2B6O11.5H2O), Ulexit dan searlesit.

Endapan Danau Nitrat

Pada umumnya ditemukan didaerah iklim kering dan panas tetapi jarang didapatkan danau yang menghasilkan nilai secara ekonomi.

Umumnya terdapat di daerah gunung berapi, hasil endapan adalah natrium nitrat atau soda niter dan berasosiasi dengan senyawa-senyawa bromium. Banyak dijumpai di Argentina, Columbia, Bolivia dan Afrika Selatan.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel