Jenis Gunung Mengandung Emas

Lokasi gunung emas di Indonesia yang terkenal di dunia berdasarkan ciri-ciri keberadaan gunung emas itu


Jenis-jenis gunung yang mengandung emas, pada umumnya setiap gunung mempunyai deposit emas dalam jumlah tertentu dan tidak semua gunung di dunia itu mengandung emas kecuali gunung itu dilewati oleh urat emas.

Indonesia mempunyai wilayah yang terbentang luas dengan gunung-gunung berapi dan masih aktif dan beberapa diantaranya ada yang tidak aktif.

Keberadaan gunung-gunung yang dilewati oleh urat emas akan mempunyai deposit emas yang melimpah dan secara ekonomis bagus untuk dilakukan eksplorasi.

Nah, untuk mengetahui gunung yang mengandung emas ada beberapa contoh gunung di Indonesia memiliki kandungan emas dalam jumlah yang ekonomis untuk di tambang. Jenis gunung itu adalah:

Gunung Grashberg


Wilayah Grashberg di Papua mempunyai deposit emas yang melimpah disamping itu mempunyai cadangan logam mulai berharga lain dalam jumlah yang ekonomis untuk dilakukan eksplorasi.

Seperti tembaga, perak, dan logam mulia lain dalam jumlah yang melimpah.

Di pegunungan Grashberg pada puncaknya telah dilakukan eksplorasi dengan biaya 3 milyar dolar Amerika dan telah menghasilkan kurang lebih 58 juta Oz emas, tembaga 600 ton dan perak 174 juta gram, menurut laporanp tahun 2004. Sehingga dengan modal 3 milyar dolar Amerika bisa balik modal dan memperoleh keuntungan yang besar dimana logam mulia itu bernilai mahal.

Selain itu didalam tanah di gunung Grashberg juga telah dilakukan eksplorasi menggunakan terowongan vertikal ke bawah tanah dan ternyata mempunyai cadangan emas yang luar biasa, sebab gunung itu dilewati zona emas dunia (urat emas).


Gunung Menoreh

Gunung di daerah Jawa Tengah ini dan menjadi pembatas dengan Jogjakarta ini mempunyai deposit emas yang luar biasa.

Tepatnya di daerah Magelang, Jawa Tengah dilewati jalur emas dunia dimana urat emas di pegunungan Menoreh kaya dengan cadangan emas.

Walaupun tidak banyak diketahui bahwa gunung ini bisa dikatakan telah mengalami proses hidrotermal dalam beberapa ratus tahun yang hasilnya gunung ini mempunyai deposit emas yang lumayan untuk dilakukan eksplorasi.

Namun kendala Izin AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) harus dikaji secara mendalam. Pemerintah tidak mengizinkan untuk dilakukan eksplorasi secara masif karena pegunungan Menoreh dekat dengan objek wisata candi Borobudur.

Gunung Pongkor


Tahukah penambangan di gunung Pongkor, Jawa Barat ini telah membuat para petualangan emas menghasilkan emas dalam jumlah ekonomis.

Keberadaan emas di gunung Pongkor akan habis dalam tahun 2021 sebab eksplorasi emas di daerah itu dimulai sejak zaman Belanda selain itu eksplorasi emas secara besar-besaran juga dilakukan oleh PT. Antam Indonesia dan membuat deposit emas di gunung Pongkor habis dalam hitungan tahun.

Gunung Pongkor merupakan gunung yang dilewati urat emas dunia.


Bukit Hijau


Gunung di Sumbawa Nusa Tenggara Barat juga mempunyai deposit emas yang lumayan, berdasarkan laporan PT. Newmont Indonesia di Bukit Hijau menghasilkan 5,6 juta Oz emas ore.
Pegunungan bukit hijau di NTB merupakan gunung yang dilewati jalur emas dunia sehingga kandungan emas di sana melimpah untuk di lakukan eksplorasi.

Perbukitan Haliman Salak

Gunung Haliman Salak juga mempunyai deposit emas dalam jumlah ekonomis, ratusan petualangan emas mencoba untuk mencari emas di gunung itu. Baik secara ilegal maupun secara resmi mempunyai izin penambangan dari pemerintah

Di daerah gunung Pongkor, Bogor dilakukan eksplorasi emas oleh PT. Antam Indonesia sejak tahun 1974. Pada umumnya penambang harus menggali lubang secara horisontal untuk menemukan urat emas di gunung itu dan terowongan emas itu dibuat sepanjang 15 km dalam tanah

Tidak sembarangan petualangan emas yang bisa masuk ke daerah tambang tersebut tanpa izin yang formal dan harus dikawal ketat oleh petugas untuk memasuki daerah itu.

Izin penambangan dari pemerintah mempersulit para petualangan emas karena masuk dalam konservasi hutan lindung dan tindakan penambangan ilegal bisa merusak hutan lindung.

PT. Antam mengantongi izin resmi untuk melakukan penambangan di gunung Pongkor dan telah diekplorasi seluas 500 hektar dengan memanfaatkan penambangan bawah tanah atau terowongan horisontal dan mengarah pada urat emas di gunung Haliman Salak itu.
DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel