Endapan Sedimenter Logam Besi

Akumulasi sedimen besi pada pasir

Sobat petualangan emas, pengendapan akan terjadi apabila lingkungan berubah, misalnya keadaan cairan mengalami perubahan fisik secara fisika dan kimia atau apabila terjadi perubahan suhu dan tekanan, maka akan terjadi proses sedimentasi.

Sedimenter Logam Besi

Perubahan kimia seperti oksidasi, reduksi, dan hidrolisa mempunyai peranan penting, dalam keadaan tertentu proses biokimia seperti proses kegiatan bakteri atau ganggang akan sangat berperan dalam proses pengendapan besi, mangan dan belerang.

Oleh sebab itu kondisi lingkungan pengendapan akan menentukan komposisi mineral yang akan terjadi, tingkat kemurnian dan penyebarannya.

Cara pengendapan tergantung dari cairan yang berfungsi sebagai media pengangkut dan tempat pengendapan, apakah di rawa - rawa, di daratan, di danau, atau di laut.


Endapan besi dan mangan akan terjadi baik di air tawar, di laut, di rawa - rawa ataupun laguna.
Endapan besi yang terkandung didalam mineral - mineral yang berwarna kelam akan larut selama proses pelapukan kimia berjalan dan terangkat bersama air sungai atau meresap kedalam tanah.

Endapan Besi Di Laut


Dalam perjalanannya, besi yang terlarut tadi dapat diendapan apabila melalui daerah batu gamping, daerah yang kaya dengan zat organik atau apabila kandungan CO2 di dalam larutan menjadi berkurang atau larutan mencapai cekungan akan mengalami penguapan.

Dari semua kemungkinan yang terjadi endapan besi lebih bersifat ekstensif, apabila larutan mencapai laut, hasil pengendapan biasanya bersifat lebih murni dibandingkan dengan kemungkinan pengendapan yang disebabkan oleh kemungkinan kedua dan ketiga.

Pengendapan di laut dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengendapan di laut terbuka dan pengendapan di laut dangkal tertutup.

Pengendapan di laut terbuka akan menghasilkan mineral besi, glaukonit, greenalit, chamosit, atau thuringit.

Jenis Endapan Besi Di Air Laut


Jenis endapan laut yang dikenal sebagai pasir hijau greensand adalah pasir bercampur dengan glaukonit, lempung, fragmen, karang yang pada mulanya diendapkan sebagai lumpur laut dalam.

Grenalt

Grenalit adalah silika besi yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara silikat alkali dengan garam - garam fero. Bijih besi di daerah superior Amerika Utara, termasuk dalam jenis ini.

Chamosit

Chamosit adalah lempung besi yang merupakan senyawa hidroksida silikat yang mengandung besi, magnesium dan alumina dan umumnya struktur oolitik

Thuringit

Thuringit termasuk kelompok mineral khlorit dan umumnya bersifat masif, ditambang sebagai besi di daerah Thuringia.

Endapan Besi Dalam Air laut Terbesar Dunia


Pengendapan pada lingkungan laut dangkal akan menghasilkan mineral oksida besi, berstruktur oolitik dan sedikit bercampur dengan lumpur dan fragmen karang.

Endapan jenis ini merupakan endapan biji besi terbesar di dunia, seperti endapan di daerah Whana, New Foudland.

DONASI LEWAT PAYPAL Mohon bantu berikan donasi apabila artikel ini memberikan manfaat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel